Kuliah Lapangan 2

Sesuai dengan Kurikulum Pendidikan Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Mineral (FTM) UPN “Veteran” Yogyakarta, mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan yang menempuh semester IV diwajibkan untuk mengikuti matakuliah Ekskursi Industri Tambang (Kuliah Lapangan II) dengan kegiatan utama adalah kunjungan ke beberapa industri pertambangan yang ada di Indonesia. Kegiatan Ekskursi Industri Tambang ini berbobot 1 SKS.

Sejalan dengan perkembangan dunia industri, khususnya industri pertambangan, Jurusan Teknik Pertambangan – FTM berupaya memberikan bekal kepada mahasiswa sesuai dengan kebutuhan pasar, sehingga dapat menghasilkan tenaga-tenaga Sarjana Teknik Pertambangan yang profesional. Di dalam kegiatan Ekskursi Industri Tambang, mahasiswa diperkenalkan secara langsung kegiatan pertambangan, sehingga diharapkan dapat membantu pemahaman matakuliah Pengantar Teknologi Mineral yang telah ditempuh di semester III.
Ekskursi Industri tambang ini dimaksudkan untuk mengenalkan secara langsung kepada mahasiswa tentang macam pekerjaan di perusahaan-perusahaan tambang, sehingga mahasiswa mengetahui cara penggalian, pemuatan, pengangkutan, pengolahan serta pemasaran beberapa jenis bahan galian.

Kegiatan ini juga memberikan gambaran secara langsung kepada mahasiswa tentang pekerjaan sarjana tambang di lapangan, sehingga mereka dapat menentukan sikap dalam menekuni pendidikan di bidang pertambangan. Dengan adanya ekskursi, diharapkan mahasiswa dapat membandingkan antara teori-teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan keadaan sebenarnya di lapangan, juga melatih-dan menumbuhkan jiwa persatuan dan kesatuan serta kerja sama di antara mahasiswa dalam menghadapi persoalan.